Sabtu, 11 April 2015

H-1 UN

Oalah...

Agak klise rasanya mimin ngungkapin tentang UN. Banyak hal yang dapat diutarakan...

UN 2015 ini emang agak beda dengan UN UN sebelumnya. Mulai dari namanya yang di ganti ENAS lah (walaupun tetep ajah bnyk yg msh pake UN untuk nyebut ujian negara ini), habis itu tentang kegunaan UN lah, tentang cbt dan lain sebagainya...
Entahlah dengan tahun tahun berikutnya.

Ehhmm tapi itu hal yang wajar sih. Wong pak menterinya pun beda.

tapi bukan itu intinya. Judulnya ajah H-1 kan. Ok ok ok. Mungkin di antara pembaca ada yang tergolong peserta UN, mantan peserta atau yang belum jadi peserta UN. Klau mimin mah termasuk peserta UN SMA dan mantan peserta UN SD dan SMP. moga-moga ajah jadi mantan peserta UN SMA dengan nilai terbaik. Aamiin.

hari ini tepat H-1 sebelum UN 2015 digelar, senin esok. Perasaan mimin mah campur aduk dan ngak bisa di utarakan dengan kata-kata. Tapi yah gitu deh.

Dari pada mikirin perasaan mending bagi info yang terlintas dipikiran mimin.

"BELAJAR" Ini mungkin kata kerja yang pembaca acap kali dengar. Tapi ini memang fakta teruntuk bagi calon peserta UN. nah belajar gimana ajah tuhh. ok. Banyak kok referensi di internet. Yang mimin ketahui dan mimin juga akses itu seperti pak-anang.blogspot.com dan zenius.net . Eiits jangan pikir ini sebagai ajang promosi yaah.

Sebaiknya pun BELAJAR dilakukan sedini mungkin. Bahkan dimulai saat MOS SMA. boleh tuh.

Yap. Yap. Yap. Tapi ini serius.
Tips H-3 tahun sebelum UN (dari guru mimin) gini ajah sempatkan sehari itu minimal belajar di RUMAH sejam. Dan usahakan untuk kerja soal minimal 5 nomor perhari. Ini itu bisa banget diterapkan dengan konsekuen waktu pada diri sendiri. Selain itu ehhmm, jangan biarkan ada sub bab yang masih ganjal di hati dan pikiran alias belum ngerti.
H-1 tahun sebelum UN, nah pada saat ini calon peserta udah duduk di kelas XII. satu per satu guru mulai mewanti-wanti sebuah ujian yang disebut UN dan masuk ke perguruan tinggi. Ngak terlalu beda sih dengan tips H-3 tahun sebelum UN tapi mimin nyaranin pada fase ini intensitas untuk belajar dan ngerjain soalnya dinaikin dua kali lipat.

Udah ah ngak mau lanjut. Yah yah yah. Tips ini mungkin agak terlambat untuk peserta UN namun belum terlambat buat calon peserta UN.

Bagi peserta UN tahun 2015. Mimin tahu benar, pasti semua peserta UN telah belajar menghadapi ujian yang menentukan keterimanya Anda di SNMPTN (ingat loh sekarang kelulusan ada di tangan sekolah). Yang membedakan itu hanya usaha positif dan usaha negatif masing-masing orang itu BEDA.

Jujur saja mimin adalah orang yang ngak terlalu percaya hasil ujian UN hingga kalimat ini mimin ketik. Tapi ada harapan yang sangat sangat mimin harapkan (doa dalam hati).

Terciptanya peserta didik yang intelek dan berakhlak. Mimin rasa mimin ngak seratus persen tergolong peserta didik tersebut tapi tapi dan tapi. Ehhmm

Ok ok ok. Ada harapan besar itu walau ada air mata kecewa dalam hati.

akhir dari tulisan ini mimin hanya dapat berkata MAAF untuk mimin sendiri. kata TERIMA KASIH untuk orang yang berpikiran dan berusaha positif. kata SYUKUR pada Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar